Refleksi Motivasi -Segoro Gunung- 7/9/14

Pada tanggal 7 September 2014

Berbekal catatan,sendirian selepas sholat dhuhur merangkak ke Segoro Gunung  menghadiri acara makrab teman2 Dewan Mahasiswa untuk memberikan materi tentang organisasi, kebersamaan dan tentang Legislatif.

Gues what? Saya sudah jarang sekali bersuara secara terstruktur di depan orang banyak dengan materi yang dituntut untuk tersampaikan semua.. Pada akhirnya saya tetap seperti biasa mengedepankan konten mengalirkan pembicaraan dan sebisa saya mengambil seluruh perhatian teman teman Dewan Mahasiswa.

Setiap saat saya tekankan bahwa yang akan saya sampaikan

It is not about the result, its about the process 

Dan semua orang diDunia ini boleh saja tidak sependapat dengan saya,ini murni pemikiran saya dan hasil kajian dari apa yang saya alami saat menjadi mahasiswa, mahasiswa yang banyak acara persisnya.

Bahwa Organisasi tidaklah membuat IPK kalian menjadi bagus, tapi organisator dan aktivis yang baik dia tau bahwa IPK adalah hal sepele dan karena hal sepele itulah IPK harus bagus.

Bahwa Kuliah bukan untuk cari kerja, bukan sekedar cari ilmu, cari teman ata lebih dangkal lagi cari pacar, tapi menurut saya kuliah itu adalah mencari IPK dan Ijazah sarjana/Diploma, “salah?” anda bisa bilang salah,silahkan itu hak prerogratif anda, menurut saya Kalian bisa kerja tanpa harus kuliah dulu, betulkan? kalian bisa cari ilmu apapun dari google/buku/sharing/ikut kuliah secara ilegal tanpa secara resmi jadi mahasiswa. Tapi ijazah? IPK? dan itu semua adalah “RESULT”  ijazah dan IPK adalah “RESULT” sedangkan yang membentuk pola dalam diri kita adalah proses itu kenapa proses yang baik belum tentu hasilnya sesuai harapan tapi itu mendekati sesuai harapan,tapi proses yang gagal tentu tidak akan sesuai harapan.

Genteng tidak akan jadi genteng tanpa dipanaskan agar jadi genteng atau dibentuk genteng , namun tanah yang dibentuk genteng dan dipanaskan belum tentu akan jadi benar2 Genteng jika prosesnya gagal.

So, saya berbicara tentang usaha, berusaha, effort dan prosesnya, RESULT atau hasil adalah Wilayah Allah.SWT

Saya belum membuktikan apa apa tentang apa yang saya teorikan,tapi saya tidak akan pernah menyebut proses yang saya jalani ini gagal,karena saya terus berproses,belajar, fokus dengan tujuan saya dan hasil? Saya akui memang bukan wilayah saya,sehingga ketika ada yang bilang saya gagal dari sudut pandang hasil,its okay.. 🙂

Hampir 2 jam saya berbicara tentang organisasi dan kuliah, saya menekankan bercerita pada proses,

Orang besar pasti masalahnya begitu besar,pelik dan sulit karena itulah dia menjadi orang besar, Great People.. Great Responsibilty..

Suatu saat di semester kala itu saya harus berjuang di banyak hal,saya ambil SKS yang tidak sedikit,saya tidak hanya jadi ketua umum tapi juga ikut organisasi lain sebagai ketua atau ketua divisi. waktu itu juga saya harus mengerjakan project magang,saya sudah ambil skripsi pada semester berikutnya dan Sebagian teman berteriak “Ngurusin pemerintahan palsu” lah , “ga fokus kuliah” lah. saya menganggap itu wajar,karena tidak semua mengerti proses. Bahwa ketahanan seorang mahasiswa dalam berjuang tidak ditentukan oleh nilai A, keuletan,keberanian dan kerja keras selama mahasiswa itu yang akan membawa hasil “cepat lulus” dengan IPK bagus.

Dana saya membuktikan bahwa memang tidak berlaku hukum mahasiswa yang hanya kuliah saja lulus lebih cepat, NO! banyak aktivis lulus sangat cepat bahkan IPKnya 3.89 sekarang bahkan mendapat beasiswa di Luar negri.

Dan materi saya akhiri dengan sedikit sharing dengan permasalahan,solusi Dewan Mahasiswa sewaktu saya memimpin.

After All, saya berbicara juga dengan mengingatkan diri sendiri, bahwa semua hal yang diucapkan selalu lebih mudah dari melakukannya.. selalu.. namun tiada salahnya memulai dari yang lebih mudah bukan? 🙂

#LIfeIsChoice

Leave a Reply

