Samba Server FreeBSD Buat tempat ng Print

Bissmillah…
Sebenere udah jadi sih server sambanya,cuman karena mendadak jadine ga sempet ditulis.. but its ok..
Intinya kita install server seperti biasa set IPnya silahkan ikuti tutorial Install FreeBSD standart ..
Next Setelah kita masuk ke dalam FreeBSD nya
Login pake ‘root’ yah…
Update port nyah ya liat di tutorial ini..


Tampilkan samba dulu.. trus akan ketemu beberapa list samba disitu

# ls : grep samba

Pilih yang samba36 ya soalnya nyobanya baru itu,agak bingung juga sama yang lain,sepertinya hanya beda versi saja

# cd samba36
# make config

Di seeting Diselect LDAP yah… Lightweight Directory Access Protocol itu kalo kata wikipedia dia membuka akses untuk bisa detect segala lokasi di samba kita.. Kita skip aja yah.. krn ga butuh LDAP
Okay saja kakak…

#make install clean

Nanti secara otomatis akan menginstall dan pastikan sudah konek ke internet,karena via port jelas butuh coneksi ke luar… Kalo ketemu pilihan just “ok” saja
Langsung kita edit rc nya yah…

#vi /etc/rc.conf

kita masukkan tambahan script disitu

samba_enable=”YES”

Kemudian Edit smb.conf nya yah

# vi /usr/local/etc/smb.conf

Nah ini udah mulai banyak ngrubah
Saya jelasin yang saya rubah aja yah..

#host allow = 192.168.1 192.168.127.

ubah jadi
host allow = 192.168.0. 192.168.0.127

sesuai dengan network kita sendiri bro…

kita mulai bikin direktori yah…

Cari bagian bawah dari smb.conf ini
tuliskan

[private]
comment= rosada repos
path = /usr/home/rosada/private
valid users = rosada #yang bisa akses ntar kalo masuk ke servernya
public = no
writable = yes

Kalo udah save yah…
Trus tambahkan user tadi yang kita jadikan direktori,kalo td rosada mau diganti client maka kita pake nama client

#adduser
username : rosada
dst

setelah selesai bikin kita lihat apakah udah ada?
#ls /usr/home/
rosada

Trus kita bikin direktori tadi dimana kita sudah menjanjikan path yang di smb.conf
# cd user home/rosada

Buat folder privatenya
# mkdir -p samba/private

Tambahkan rosada ke group smbprivate
#pw groupadd smbprivate -M rosada

#cat /etc/group

Cek apakah sudah punya grup id?
rosada 1001

Nah kita rubah permissionnya yah

# chrg smbprivate samba/private/
#chmod 770 samba/private/
kita bikin password bt masuknya… 😀 jadi nanti rosada bisa masuk ke samba privat dengan password
# rehash #Kalo pke korn shell
# smbpasswd -a rosada
masukin password
# usr/local/etc/rc.d/samba onestart
#smbclient -U rosada -L localhost
Masuk aja pake password yang tadi dibuat
keluar dan cek apakah samba sudah bisa di akses?
Akan ada 2 buah direktori rosada dan private.. itu karena kita sudah setting agar User rosada masuk dalam group samba sehingga secara otomatis akan ada direktori tersebut..
Selamat mencoba dan mohon koreksinya… ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s