Radius Dengan FreeBSD

Rencana mau bikin radius pake FreeBSD dah banyak kok tutorialnya… Sekalian Install FreeBSD lage,Mau coba style baru.hehehehe  ==’ #dilema gagal isntall#

Yups…. Tahap persiapan dolo kk… ntar update lagi… ^_^

Okey sudah tahap instalasi Ni installnya pake standart aja,coz dari kemaren pake Custom ga jadi2 ==a untuk lebih jelas kalo mau tau intall pake custom bisa liat di post ane yang lain… ^_^

Oke… Untuk membuat radius ada beberapa paket/aplikasi yang harus di install terlebih dahulu. Kali ini dimulai dari Mysql

1. Pastikan BSD Anda konek ke Internet,Lalu kita install Mysql via Ports biar lebih gampang.Tutorial Buat setting Internetnya hampir mirip sama bikin router di https://rozzada.wordpress.com/2011/12/08/router-freebsd/

# cd /usr/ports/databases/mysql50-server
# make install clean

2. Setelah install selesai ketikan :

# cp /usr/local/share/mysql/my-small.cnf /usr/local/etc/my.cnf
Enable kan mysql di rc.conf

# ee /etc/rc.conf
Edit pada : mysql_enable=”YES”

#  mysql_install_db –user=mysql
#  chown -R mysql /var/db/mysql/
#  chgrp -R mysql /var/db/mysql/
#  /usr/local/bin/mysqld_safe -user=mysql &
#  mysqladmin -u root password ‘passwordbaru’
Ganti passwordbaru dengan password baru masing2

kalo mau ganti bisa di reset dengan
# msqladmin -u root -p password rosada
Enter password : <<password lama bro>>

3.  Nah baru setelah otak atik mysql selanjutnya kita install yang laennya jjuga.. tp dah kriyip2.. bsk lagi diterusin.. ><
4. Sekarang install Apache22 dengan ports aja biar gampang
# cd /usr/ports/www/apache22
Enable apache22 di rc.conf
# echo ‘apache22_enable=”YES” >> /etc/rc.conf
Starting apache
# /usr/local/etc/rc.d/apache22 start
Untuk Mengecek module
# apachectl -t -D DUMP_MODULES
5.lanjut install PHP 5
# cd /usr/ports/lang/php5

Maap dikarenakan PC ilang diangkut kmana ga tau 😦 maka di pending dulu ya)
Nah.. intinya setelah rampung semua nanti masih ada install Freeradiusnya sendiri…

Advertisements

2 comments

  1. Sbenere mau bikin Freeradius… kyk yang ada di jurusan itu lho mbak.. kayake jg sing bikin neno sama njenengan mbk?
    apa daya PC di angkut… tak mulai darai awal deh besok2…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s